About Me

Minggu, 22 Juli 2012

MANFAAT KURMA BAGI TUBUH


MANFAAT  BERBUKA DENGAN KURMA



 



Selama bulan puasa, kurma atau dalam bahasa arab disebut “Tamr” (untuk kurma kering) atau “Rathb” (untuk kurma segar atau basah) merupakan ikon berbuka yang tak tergantikan. Mengapa harus buah yang kecil ini?. Ada apa dengan buah asal timur tengah ini? Apa kandungannya dibandingkan dengan buah yang lain?

Dilihat dari sisi agama, buah kurma merupakan buah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. untuk dijadikan  “pembatal” pertama (berbuka) ketika menjalankan ibadah puasa.
Melalui hadisnya, Rasulullah menunjuk langsung buah ini untuk dijadikan bahan  berbuka puasa Rasulullah SAW bersabda:
وعن أنس رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يفطر قبل أن يصلي على رطبات ، فإن لم تكن رطبات فتميرات ، فإن لم تكن تميرات حسا حسوات من الماء ” رواه أبو داود والترمذي .

“Dan dari Anas radhiyallahu ‘anhu, sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berbuka sebelum shalat (maghrib) dengan memakan beberapa ruthab (kurma segar/basah), apabila tidak mendapatkan mendapatkannya maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering). Dan apablia tidak mendapatkannya maka beliau berbuka dengan beberapa teguk air.”

Di hadis yang lain dapat kita temukan petunjuk langsung beliau
إذا أفطر أحدكم فليفطر على تمر ، فإنه بركة ، فإن لم يجد تمرا فالماء ، فإنه طهور ” رواه أبو داود والترمذي .

”Apabila salah seorang di antara kalian berbuka, hendaklah berbuka dengan kurma, karena dia adalah berkah, apabila tidak mendapatkan kurma maka berbukalah dengan air karena dia adalah bersih.” (HR. at-Tirmidzi dan Abu Dawud rahimahumallah)

Kita bisa berkata : “ wajar kalau kurma mendapat “porsi” utama di antara buah yang lain, bukankah kita harus mengikuti jejak Rasul?”

Namun bagaimana menurut para medis, kandungan buah kurma ini?

Setelah satu hari penuh berpuasa maka tubuh sangat memerlukan zat gula untuk memulihkan tenaga dan menghilangkan lapar dengan cepat, namun kebutuhan akan zat gula harus dipenuhi dengan pelan dan jaringan tubuh khususnya lambung harus dibangunkan dengan lembut.

Dalam keadaan lambung dan usus kosong, tubuh kita  membutuhkan sukrosa dan glukosa sekaligus, kedua unsur makanan ini disamping cepat dicerna juga cepat masuk ke dalam darah dan dalam hitungan detik mampu diserap tubuh sehingga dua tujuan dapat tercapai sekaligus yakni menghilangkan rasa lapar dan haus.

Bahkan tidak hanya sampai disitu saja, para ahli telah meneliti kandungan buah kurma ini. Ditemukan kandungan dalam sepotong buah kurma terdapat 20-24% air, 70-75% zat gula, 2-3% protein 8,5% serat dengan kadar lemak yang rendah. Kandungan ini setara dengan 85-87% dari berat sepotong buah kurma.

Lain halnya dengan Ruthb (kurma segar), satu buah ruthab mengandung 65-70% air, dari berat bersihnya, 24-58 % zat gula, 2-2,1 % protein, 5,2 % serat dan kadar lemak yang sedikit.

Lebih jauh lagi, Dr. ‘Abdurrouf Hisyam dan Dr. ‘Ali Ahmad asy-Syahat menjelaskan sebagai berikut:


1. Mengkonsumsi ruthab atau tamr ketika memulai berbuka puasam, memberikan suplai kadar zat gula yang besar bagi tubuh dan menghilangkan gejala kekurangan zat gula (hipoglikemia) danmemebrikan semanagat bagi tubuh.

2. Kosongnya lambung dan usus dari makanan membuat keduannya (usus dan lambung) mampu untuk menyerap zat gula sederhana ini dengan sangat cepat.

3. Kandungan unsur gula dalam bentuk kimiawi yang sederhana yang terkadung di dalam ruthab dan tamr membuatnya mudah untuk dicerna, karena 2/3 dari unsur gula (glukosa) terdapat dalam kurma dalam bentuk susunan kimiawi yang sederhana. Dan demikianlah naiklah kadar gula dalam darah dalam waktu singkat.

4. Adanya kurma yang direndam dengan air, dan ruthab yang mengandung prosentasi air yang tinggi 65-70 % (65-70%) yang menyediakan air bagi tubuh dengan prosentase yang baik, maka tidak perlu minum air dalam jumlah besar pada saat berbuka

SUBHANALLAH, SUNGGUH LENGKAPLAH KASIH SAYANG ISLAM TERHADAP UMATNYA

0 komentar:

ASMAUL HUSNA

Adsense Indonesia
Batman Begins Background
 
Copyright© 2011 Memanfaatkan Potensi | Template Blogger Designer by : Masawienk' |
Template Name | Uniqx Transparent : Version 1.0 | Zero-Nine.Net