About Me

Senin, 30 Juli 2012

Cara meningkatkan/memperbesar sinyal wireless frecuency/wifi




Pernahkah laptop sobat kekurangan sinyal wifi? Misal karena ada banyak halangan, misal saja pohon atau apa lah.. Nah, jika pernah, kali ini saya akan berbagi tips cara memperbesar sinya wifi yang pastinya mudah untuk diikuti. Oke, langsung saja ya teman-teman.. Berikut cara meningkatkan sinyal wifi yang diterima komputer/laptop:

1. Letakkan Wirelless router di tengah ruangan.
karena sebagian besar produk wireless router yang terbesar di dunia menggunakan antenna dengan jenis omni directional (menyebar keseluruh arah), ada baiknya wireless router yang digunakan anda letakkan di tengah ruangan sehingga bias menjangkau setiap sudut ruangan. Hal ini dilakukan agar penyaluran sinyal bias ke segala arah.

2. Penempatan Wireless router harus diperhatikan.
Jika anda masih awam dalam penggunaan wireless router, sebaiknya jangan menempatkan wireless router di lantai atau berdekatan dengan dinding juga benda yang mengendung besi (metal). Penempatan yang anda lakukan di area tersebut bias mengurangi kekuatan sinyal yang dipancarkan oleh router. Semakin dekat anda letakkan dengan ketiga hal diatas, maka semakin lemah sinyal yang dipancarkan. Jadi, kalau anda meletakkan di lantai, lebih baik beri alas atau benda-benda seperti kardus atau meja agar sinyalnya tetap stabil.

3. Lebih baik ganti Antena Wireless Router.
Pada point pertama sidah kami babarkan kalau setiap wireless router menggunakan antenna jenis omni directional. jikalau anda lebih sering menggunakan untuk seluruh ruangan atau sudut maka antena jenis ini memang sangatlah cocok tetapi jika anda lebih sering menggunakannya di satu tempat saja mungkin penggatian antenna bias lebih memperkuat sinyal. Anda bisa mengatasi masalah penyebaran, Anda bisa menggunakan antena alternatif High Gain Antena. Antena satu ini memiliki sifat penyebaran yang hanya ke satu titik sehingga sinyal yang anda terima akan lebih baik tetapi tidak kami sarankan anda sering berpindah tempat. Karena sinyal yang diberikan tidak menyebar ke seluruh ruangan.

4. Gunakan Wireless network Adapter yang bagus.
Bila anda menggunakan (bukan notebook), tentunya anda memasang Wireless network adapter di dalamnya. Pastikan bahwa network adapter yang anda gunakan cukup baik. Atau anda bisa juga mengganti antenna yang ada dengan kualitas yang lebih baik seperti high gain antenna.

5. Bila perlu bisa ditambahkan Wireless Repeater.
Walaupun antenna telah diganti dengan yang lebih baik bukan berarti anda bias menjangkau lokasi yang lebih jauh. Untuk itu kadang kita memerlukan alat tambahan yang bernama Wirelass Repeater. Wireless Repeater berguna untuk memperkuat juga memperpanjang sinyal WiFi yang ada sehingga jangkauannya menjadi labih luas, misal dengan antenna biasa jangkauan sinyal hanya mencapai 100 m tetapi dengan alat ini jangkauan sinyalnya bias 2x lebih panjang yaitu 200 m bahkan bias lebih dari itu. Namun sayangnya, penambahan alat ini memang harus membutuhkan dana yang cukup besar.

6. Mengganti wireless channel yang ada.
Sinyal WiFi bisa berjalan di beberapa channel sekaligus, jika anda merasa sinyalnya kurang bagus dan menemukan banyak channel di dalamnya, anda sebaikny mengubah ke channel yang lebih sedikit. Tidak perlu kuatir dengan penggantian channel ini karena computer atau notebook akan mendeteksi lalu menyesuaikan secara otomatis apabila ada pergantian channel.

7. Jauhkan Wireless Router dari perangkat elektronik tertentu.
Sinyal WiFi bekerja di frekuensi 2.4 GHz, untuk itu sebaiknya anda jauhkan wireless router anda dari perangkat elektronik yang menggunakan frekuensi yang sama. Misalnya telepon cordeless (tanpa kabel) yang biasanya juga menggunakan frekuensi yang sama yaitu 2.4 GHz. Apabila ini terjadi, mau tidak mau anda harus menggantinya dengan telepon cordeless yang menggunakan frekuensi yang berbeda seperti 900 MHz atau mengganti telepon cordeless menjadi telepon biasa, ini solusi yang lebih terjangkau.

8. Selalu Update Firmware untuk Wireless Router anda.
Produsen wireless router yang terkemuka semisal D- Link, Linksys dan lainnya selalu mengeluarkan firmware terbaru untuk router supaya kinerja router menjadi lebih baik. Agar sinyal lebih kuat, lakukanlah upgrade firmware secara teratur. Update firmware biasanya telah disediakan oleh produsen router itu sendiri di web mereka.

9. Usahakan Menggunakan merek yang sama untuk jaringan nirkabel anda.
Kalau dilihat secara garis besar, penggunaan merek yang berbeda untuk perangkat jaringan (router, adapter) tidak mengalami masalah. Tetapi biasanya sinyal akan menjadi lebih baik bila kita menggunakan satu merek. Misalnya Router anda bermerek Linksys, sebaiknya wireless adapter yang digunakan di computer juga menggunakan merek yang sama.

10. Melakukan upgrade jenis WiFi dari 802.11b ke 801.11g
Kami yakin sebagian pemilik jaringan sudah menggunakan format WiFi jenis G tetapi jika anda masih menggunakan Jenis 802.11b maka sebaiknya anda menggantinya atau setidaknya membuat semua jaringan menggunakan format WiFi yang sama. Memang sudah ada 802.11n yang menjanjikan kecepatan transfer yang lebih cepat dan jangkauan yang lebih jauh, tetapi perlu dicatat bahwa format N ini masih belum disertifikasi.

Saya kira cukup penjelasan mengenai cara memperkuat sinyal wifi kali ini. Semoga bisa menambah wawasan sobat..

Referensi: http://jhonx802.mywapblog.com/10-cara-memperkuat-sinyal-wifi.xhtml

0 komentar:

ASMAUL HUSNA

Batman Begins Background
 
Copyright© 2011 Memanfaatkan Potensi | Template Blogger Designer by : Masawienk' |
Template Name | Uniqx Transparent : Version 1.0 | Zero-Nine.Net