About Me

Rabu, 14 November 2012

10 Keajaiban Bulan Muharram


SEPULUH KEAJAIBAN MUHARAM

B
ulan Muharam adalah bulan pertama dalam kalender hijriyyah atau kalender Islam dimana untuk tanggal 1 Muharam 0001 adalah saat hijrahnya Nabi Mukhammad SAW dari Mekah menuju Madinah.
Mengapa hijrahnya Nabi dijadikan awal tahun baru Islam, karena sejak itulah Nabi Muhammad dapat mengembangkan Islam secara gemilang dan Islam mengalami perkembangan dan kemajuan yang luar biasa. Dari kota Madinah inilah Islam dapat menyebar ke seluruh penjuru dunia.

Adapun untuk bulan Muharam sendiri Allah telah menjadikannya sebagai salah satu bulan yang istimewa. Karena pada bulan Muharam telah terjadi keajaiban-keajaiban yang menimpa para Nabi terdahulu, diantaranya adalah :


1.      Pada bulan Muharam Allah SWT telah menerima taubatnya nabi Adam.
Seperti diketahui ketika Nabi Adam melanggar perintah Allah dengan memakan buah quldi maka beliau diturunkan ke bumi dari syurga. Di bumi inilah Adam bertaubat selama beratus-ratus tahun lamanya sambil berjalan dari Hindustan menuju Mekkah sambil berulang-ulang membaca doa : Robbana dzolamna anfusana wainlamtaghfirlana watarkhamna lanakunana minal khosirin. Yang artinya: “Ya Allah, kami telah menganiaya diri sendiri, jika Engkau tidak mengampuni dan tidak mengasihiku niscaya aku termasuk orang yang rugi”. Nah setelah sampai di Mekah tepat pada tanggal 10 Muharam barulah Allah mengabulkan doanya dan mengampuni Nabi Adam.

2.      Pada bulan Muharam Allah mengangkat Nabi Idris ke langit sebagai bentuk penghargaan Allah pada beliau.Hal ini disebabkan karena Nabi Idris adalah orang yang cerdas. Beliau orang pertama yang menulis dengan kalam, pandai membaca dan ahli ilmu perbintangan dan ilmu hitung. Beliau orang pertama yang memakai pakaian karena beliau orang pertama yang pandai menggunting dan menjahit. Sebelumnya orang berpakaian dengan kulit binatang. Beliau mempunyai kekuatan yang luar biasa dalam memerangi orang yang durhaka kepada Allah sehingga mendapat gelar Asadul Usud yang artinya harimau dari segala harimau. Karena keistimewaan beliau itulah maka beliau diberi kesempatan untuk berkenalan dengan para malaikat, sehingga beliau diangkat ke langit oleh Allah ( QS. Maryam : 56 – 57 ).

3.      Kapal Nabi Nuh berlabuh tepat pada tanggal 10 Muharam.
Ketika Allah memberi adzab kepada umat Nabi Nuh dengan mendatangkan banjir bandang yang menenggalamkan seluruh umat nabi Nuh termasuk putranya sendiri Kan’am, Allah menyelamatkan umatnya yang beriman dengan menyuruh nabi Nuh membuat kapal.  Setelah berlayar selama sekian lama dengan hanya membawa 40 pasang baik itu manusia maupun hewan akhirnya Allah memberi jalan keselamatan.
4.      Pada tanggal 10 Muharam Nabi Ibrahim dilahirkan. Pada tanggal ini pula Nabi Ibrahim dibakar oleh kaum kafir quraisy dengan api yang menyala-nyala karena Ibrahim melarang menyembah berhala, namun Allah menyelamatkannya dan api tidak mampu membakar dirinya.

5.      Tanggal 10 Muharam Allah menerima taubatnya Nabi Daud.
Nabi Daud telah memiliki 99 orang istri, tetapi beliau masih berkehendak mau merampas istri orang hingga sang suami menderita karena lelaki itu tak berani melawan Nabi Daud. Akhirnya Allah menurunkan dua malaikat yan g menyamar menjadi manusia untuk menegur Nabi Daud. Beliau menjadi sadar akan kesalahannya dan bertaubat memohon ampun pada Allah, akan tetapi tidak seketika itu beliau diampuni, baru tanggal 10 Muharam taubatnya diterima Allah. 

6.      Pada 10 Muharam Allah mengangkat Nabi Isa ke langit untuk menyelamatkannya dari kekejaman bani Israel.
Ketika Bani Israel mengejar-ngejar Nabi Isa untuk dibunuh maka Allah SWT mengangkat beliau ke langit dan menukarnya dengan Yahusa yang wajahnya diserupan oleh Allah dengan Nabi Isa. Yahusa inilah yang akhirnya ditangkap dan disalib beramai ramai oleh bani Israel. Sampai sekarangpun orang Nasrani menganggap bahwa yang disalib adalah Nabi Isa.

7.      Tanggal 10 Muharam Musa diselamatkan oleh Allah untuk memilih bara api dan tidak mengambil roti. Waktu itu Musa akan dibunuh oleh Firaun karena takut kalau besar akan memusuhinya. Tetapi istrinya menasehati bahwa Musa masih kecil belum tahu apa-apa. Sebagai ujian maka Firaun memberi dua benda pada Musa yakni roti dan bara api.
8.      Tanggal 10 Muharam Firaun, Haman dan Qorun serta seluruh harta bendanya ditenggelamkan ke bumi sebagai akibat dari kezaliman mereka.

9.      Tanggal 10 Muharam Allah mengeluarkan Nabi Yunus dari perut ikan hiu setelah berada didalamnya 40 hari lamanya.
Setelah 33 th Yunus menjadi Rosul hanya 2 orang saja yang mau beriman yaitu Rubil dan Tanukh. Maka datanglah adzab Allah berupa awan hitam bergumpal-gumpal yang mengerikan. Umatnya pun ketakutan dan keluar rumah untuk mencari Nabi Yunus untuk beriman dan menyatakan taubat. Akan tetapi Nabi Yunus juga pergi meninggalkan kaumnya dengan menumpang kapal. Dalam perjalanan datang angin topan yang hampir menenggelamkan kapalnya. Nahkoda kapal berkata : Jika kapal oleng begini biasanya disebabkan karena ada orang asing pelarian yang ikut berlayar. Jika betul ada, mengakulah dan segera terjunlah ke air agar kapal ini selamat.  Yunus berkata : Ya, aku ini orang pelarian. Dan beliau segera menceburkan diri ke laut di dalam gelombang besar dan langsung ditelan ikan Hiu. Di dalam perut ikan, Nabi Yunus berdoa. Dan Allah menngabulkan doanya. (Baca QS. Al Anbiya 87-88 dan  Ash-Shaffat 139-146).

10.  Allah telah mengembalikan kerajaan Nabi Sulaeman a.s pada tanggal 10 Muharam sebagai penghormatan kepada beliau. Waktu itulah Ratu Bulqis menyerah dan menyatakan keimanannya pada Nabi Sulaeman. 

       (dari berbagai sumber) 
       Semoga bermanfaat

0 komentar:

ASMAUL HUSNA

Adsense Indonesia
Batman Begins Background
 
Copyright© 2011 Memanfaatkan Potensi | Template Blogger Designer by : Masawienk' |
Template Name | Uniqx Transparent : Version 1.0 | Zero-Nine.Net